Oleh: kotisipil87itb | September 26, 2008

Internet dan Revolusi Media

Oleh: Sutan Lubis

Saat ini kita telah memasuki revolusi media. Jika sebelumnya untuk masuk ke tatanan sosial, diperlukan “izin” untuk berbicara kepada publik. Bak seorang Musisi, maka sebuah label rekaman perlu untuk bisa mempromosikan dan mendistribusikan apa yang telah telah anda bikin. Apalagi jika opini anda ingin didengar, maka diperlukan koran atau media, majalah serta penerbit buku untuk menjadikannya menjadi opini publik.

Kini semua itu telah mengalami perubahan total untuk tak dikatakan radikal. Siapa saja yang sekalipun hanya memiliki laptop murah plus koneksi internet, akan dapat melontarkan opininya ke santero jagat. Sebebas yang ia inginkan, dilakukan secara tetap dari satu tempat, atau berjalan berpindah-pindah(Mobile). Perubahan total ini sudah barang tentu akan mendatangkan masalah baru dari satu atau berbagai sisi. Namun lepas dari itu, pesan anda akan melesat cepat untuk diketahui oleh publik jika anda memang ngotot mempengaruhi, bahkan ingin merubah dunia..!  Kini dengan menggunakan internet anda mampu dan memiliki kesempatan untuk menjangkau publik dan meyakinkan banyak orang, bahwa opini anda memang penting. Namun yang lebih esensi dari semua itu adalah, sejauh mana pengaruh dari Informasi yang anda lontarkan dapat merubah dunia kearah yang lebih baik menuju tatanan harmoni dunia baru.

Seperti pernah diminta untuk menulis kata pembuka pada sebuah WebBlog teman saya:

Sesungguhnya sejak dahulu kala, Informasilah yang merubah dunia. Para Nabi membawa Risalah “Firman sebagai pegangan” untuk dunia kearah yang lebih baik, yang sudah barang tentu merupakan tugas Asli oleh Yang Maha Kuasa.

Masa demi masa berubah; sebelum kita kita hidup di jaman informasi (seperti kata orang sekarang ini), silih berganti, tugas pembawa berita berkembang terus secara perlahan-lahan disatu masa, dan semakin progresif dimasa lainya seperti kini. Okey.. Kita lompati saja beberapa jaman, katakanlah mulai dari jaman tukang cerita keliling sampai kemudian digantikan oleh para pewarta. Berbagai metoda warta berkembang terus, baik berupa kerja tulis, memakai alat dengar(radio), lihat dengar (TV) hingga sampailah kita hari ini ke suatu trend baru yang sering kita sebut sebagai era Information Comunication & Technologie (ICT) yang begitu interaktif.

Rasanya… kini semua menjadi berubah total, baik jarak, kecepatan, cara interaksi serta media dari infornmasi itu sendiri yang semua larut lebur secara total dalam arus Multimedia. Kini semua lebih terstruktur namun bisa juga terasa acak baik alat (media), pewarta, yang diwartakan maupun pemirsanya. Namun Risalah (khabar) tentunya tetap harus sampai ke tujuan dengan semakin menuju kesempurnaan baik cara maupun isi, karena itulah hakikat nya.

Sekali lagi…., ” Karena itulah hakikat dari Risalah yang harus disampaikan”.

Akhirul kalam…

SELAMAT IDUL FITRI 1SYAWAL 1429H


MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN..



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: