Oleh: kotisipil87itb | Januari 12, 2009

14% Warga AS Buta Huruf

Hah! 14% Warga AS Buta Huruf
Vina Ramitha

INILAH.COM 11/01/2009 – 21:20; Washington – Siapa yang menyangka jika negara semaju Amerika Serikat, buta huruf masih menjadi masalah yang masih harus diatasi. Namun, berdasarkan laporan terakhir Departemen Pendidikan AS, sekitar 14% orang dewasa mereka ternyata tak bisa membaca.

Berdasarkan statistik yang dilansir AP, Minggu (11/1), sekitar 32 juta orang dewasa AS tak memiliki ketrampilan pemahaman huruf. Artinya, mereka tak bisa membaca suratkabar maupun instruksi yang tertera di botol obat.

“Krisis buta warna ini bahkan semakin parah, sebab itulah investasi dan program pendidikan sangat penting,” kata presiden dan CEO ProLiteracy, David C Harvey yang bertanggung jawab terhadap statistik itu.

Hal itu juga menyebabkan lebih dari sejuta orang kehilangan pekerjaan pada 2008 dan angka pengangguran mencapai yang tertinggi selama 16 tahun belakangan. Dalam studi itu, Harvey juga menyampaikan bahwa sejumlah besar pengangguran adalah masyarakat yang tidak memiliki skill.

“Setiap hari mereka berjuang dengan tugas-tugas sederhana seperti membaca, menulis, dan berhitung” paparnya.

Ia juga paham bahwa pemerintahan Presiden AS terpilih Barack Hussein Obama memiliki paket stimulus yang besar. Namun, ia berpendapat paket itu tak akan bermanfaat besar jika banyak orang dewasa yang masih belum menguasai ketrampilan dasar itu.

Dalam hitungan ProLiteracy, setiap tahunnya pemerintah rugi sekitar US$ 60 miliar oleh produktivitas yang terhambat akibat buta huruf. Sementara mereka yang tak memiliki ketrampilan dasar, sebagian besar adalah warga tak mampu.

Lembaga ini juga mencatat jumlah penderita buta huruf lainnya. Di antaranya adalah 63% narapidana AS, 774 juta orang di seluruh dunia, dan sepertiganya adalah perempuan. Kota di AS dengan jumlah buta huruf yang paling sedikit adalah Minneapolis dan Seattle.[vin/nuz]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: